Hubungan Pola Makan Dan Stres Terhadap Kejadian Gastritis Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Penulis

  • Hega Valentine Universitas Sumatera Barat

Kata Kunci:

Pola makan, Stress, Kejadian Gastritis

Abstrak

Penyakit pada sistem pencernaan merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang banyak terjadi di masyarakat, yang tentunya akan mempengaruhi aktivitas dan pola hidup, salah satunya penyakit gastritis. Masyarakat pada umumnya mengenal gastritis dengan sebutan penyakit maag yaitu penyakit yang menurut mereka bukan suatu masalah yang benar, gastritis terjadi pada semua usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai lansia. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan pola makan dan stres terhadap kejadian gastritis di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien gastritis di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 180 orang dengan sampel sebanyak 64 orang. Penelitian ini telah dilaksanakan di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Waktu penelitian pada bulan Januari 2024. Didapatkan hasil penelitian bahwa hampir seluruhnya 53 (82,8%) responden dengan kejadian gastritis, lebih dari separuh 44 (68,8%) responden dengan pola makan buruk. Hasil uji statistic (Chi Square) diperoleh nilai p=0.029 (p<0.05). Hampir setengahnya 28 (43,8%) responden dengan stres sedang. Hasil uji statistic (Chi Square) diperoleh nilai p=0.001 (p<0.05). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pola makan dan stres terhadap kejadian gastritis di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Saran peneliti dari hasil penelitian agar dapat memahami dan diterapkan dalam praktek keperawatan sehari-hari.

Referensi

Ardhiyanti, Pitriani & Damayanti. (2014). Panduan Lengkap Keterampilan Dasar Kebidanan I. Yogyakarta : Deepublish.

Aspitasari & Taharuddin. (2020). Analisis Pengaruh Terapi Non-Farmakologi terhadap Intensitas Nyeri pada Pasien dengan Kasus Gastritis di Instalasi Gawat Darurat : Literatur Review.

Ausrianti & Nurleni. (2019). Hubungan Pola Makan dan Faktor Stress dengan Kejadian Gastritis di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Jamil Padang Tahun 2018. Menara Ilmu. Vol 8. No 4.

Danu D, Putra K, Diana M & Sulistyowati A. (2019). Asuhan Keperawatan pada Tn. K dengan Diagnosa Medis Gastritis dan Ulkus Pedis Diabetes Mellitus di Ruang Melati RSUD Bangil-Pasuruan. Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Sidoarjo.

Dewi & Rodli. (2021). Perilaku Organisasi. Surabaya : Scorpindo Media Pustaka.

Diyono & Mulyanti. (2016). Buku Ajar Medikal Keperawatan Medikal Bedah : Sistem Pencernaan (Dilengkapi Contoh Studi Kasus dengan Aplikasi NNN). Jakarta : Kencana.

Handayani & Thomy. (2018). Hubungan Frekuensi, Jenis dan Porsi Makan dengan Kejadian Gastritis pada Remaja. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA. Vol 1. No 2.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2011). Metode Penelitian Keperawatan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Ikdafila & Wardanengsih. (2023). Psikologi dan Budaya dalam Keperawatan. Jawa Tengah : Lakeisha.

Jannah, F. (2020). Asuhan Keperawatan Anak yang Mengalami Gastritis dengan Nyeri Akut di Ruang Anggrek RSUD Ibnu Sina Gresik. Universitas Airlangga.

Kemenkes RI. (2010). Definisi Pola Makan. Jakarta : Kemenkes RI.

Malik, Salam, Sugiyarto, Wardani, Panma, Lestari, Rahim, Wijayanti, Faridah & Nurarif. (2022). Keperawatan Medikal Bedah II (Pemenuhan Kebutuhan Klien Dewasa dengan Gangguan Kebutuhan Sistem Endokrin, Pencernaan dan Perkemihan. Jakarta : Rizmedia.

Miftahussurur, Rezkitha & I’tishom. (2021). Buku Ajar Aspek Klinis Gastritis. Surabaya : Airlangga University Press.

Suprapto, Hariati, Ningsih, Solehudin, Faizah, Achmad, Sugiharno, Utama, Wasilah, Tondok, Kismiyati & Rahmatillah. (2022). Keperawatan Medika Bedah. Padang : PT Global Eksekutif Teknologi

Syafi’i.& Andriani. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Gastritis pada Pasien yang Berobat di Puskesmas. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi. Vol. 2. No 1

Taufiq, Taswin, Subhan & Marjani. (2019). Hubungan dan Pengaruh Stres dan Pola Makan dengan Kejadian Kekambuhan Gastritis. MOTORIK Jurnal Kesehatan.

Rita & Annica. (2022). Hubungan Pola Makan dan Tingkat Stress dengan Kekambuhan Gastritis pada Remaja. Jurnal Kesehatan Lantera Aisyiyah. Vol 3. No 1

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Valentine, H. (2024). Hubungan Pola Makan Dan Stres Terhadap Kejadian Gastritis Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Sedidi Health and Nursing Journal, 2(1), 9–13. Diambil dari https://www.journal.sehedi.com/index.php/shnj/article/view/14